Monday 29 February 2016

COMPIC

www.sensoryspectrumshop.com
COMPIC (Comunication Picture) adalah media komunikasi yang berbentuk ilustrasi gambar. Biasanya berbentuk kartu bergambar dengan keterangan tulisan yang bertujuan untuk mengenalkan sesuatu. Ini bisa mengenai simbol, benda atau aktivitas hingga sebutan, penamaan, cara menulis, dan kata maupun bahasa (dengan keterangan tulisan) yang semuanya berkaitan dengan visual.
Sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai media berkomunikasi, semua unsur yang berada di dalamnya haruslah komunikatif; baik gambarnya, tulisannya atau bahkan sampai ke format dan pengemasannya. Maka perlu adanya analisa yang mendalam terhadap semua unsur (utama maupun pendukung) yang ada didalamnya, agar sesuai dan tepat sasaran (sesuai segmen). Misalnya dalam sebuah gambar haruslah dipilih gambar yang paling bisa mewakili, baik dari bentuknya, komposisinya, warnanya, dll

Harapan

Dengan Compic, anak akan lebih tertarik untuk memperhatikan materi-materi yang diberikan & diharapkan dapat dengan lebih mudah (tanpa keterpaksaan) menyerap pesan yang disampaikan. Semakin dekat media & metode belajar dengan anak, akan semakin besar pula peluang terbangunnya intimitas antara anak dengan pendidik.

Flow pembuatan Compic

Contoh Membuat Compic
Membuat compic dengan tema ADL (Activities of Daily Living) atau aktivitas dan kegiatan sehari-hari menuju hidup mandiri

Pesan: pentingnya anak mengenal, mengetahui, memahami dan mampu melakukan kegiatan sehari – hari (ADL) untuk dapat hidup secara mandiri.

Tujuan yang ingin dicapai:

  1. Anak tertarik untuk mengenal kegiatan sehari – hari berikut proses –prosesnya.
  2. Anak mengetahui, paham dan sadar belajar (bertanggung jawab terhadap dirinya).
  3. Anak terstimulasi untuk meningkatkan kemampuan dirinya (potensi pasif menjadi potensi aktif) secara mandiri.


No comments: