Berikut ini adalah
tabel yang saya buat ketika menyusun silabus sederhana untuk program
pengenalan menggambar di sebuah sekolah khusus. Yang tentunya masih ada
kekurangan dibeberapa hal, namun sejauh yang saya alami dan kerjakan memang
silabus ataupun kurikulum bukanlah segalanya, karena akan kembali kepada para
pendidik yang menjalankan dan mengaplikasikan segala 'kitab' panduan itu. Ada
yang bilang bahwa "guru hanya menang tahu terlebih dahulu", tapi
apa itu benar?, bagaimana pendapat anda?
|
Materi
|
Tehnik Penyampaian
|
Target
|
Tujuan
|
Mengenal
bentuk-bentuk dasar dan aplikasi (terapan dasar)
|
·
Diperagakan/diberi
contoh cara & langkah menggambar segitiga, segiempat dan lingkaran,
dengan anak yang mengikuti (menggambar)
·
Diperagakan/diberi
contoh cara mengaplikasikan bentuk-bentuk dasar ke bentuk objek-objek keseharian
(contoh: rumah, mobil, ayam, dsb), dengan anak yang ikut menggambar
|
· Mengenal bentuk-bentuk dasar
dan langkah-langkah/cara menggambar
· Dapat mengingat, membedakan segitiga,
segiempat & lingkaran
· Mampu menggambar objek
keseharian dengan pendekatan bentuk-bentuk dasar
|
· Mengenalkan konsep bentuk
· Melatih kemampuan motorik
|
Mengenal warna
|
Dikenalkan
warna-warna dan penamaannya, dari warna-warna primer dan sekunder, dengan:
·
Mewarnai gambar
·
Mencampur cat
(permainan)
|
· Mengenal warna dari rangsangan
visual
· Mampu mengingat, membedakan
(mengidentifikasi) warna berikut penamaannya
· Dapat mengaplikasikan warna ke
objek gambar sebagai bidang warna
· Mengenal kombinasi warna, dari
warna primer ke warna sekunder
|
·
Melatih kemampuan
motorik
·
Mengembangkan
kreatifitas
|
Menghubungkan
titik
|
Anak diminta
untuk menghubungkan titik-titik yang telah disediakan (di kertas/
whiteboard). Titik yang telah terhubung akan membentuk objek yang
sebelumnya telah ditemakan atau dijelaskan melalui cerita
|
· Dapat menggaris dengan baik
· Mengenal kerangka bentuk dan
bidang
|
·
Melatih kemampuan
motorik
·
Melatih
konsentrasi
|
Menggambar
bentuk kompleks
|
· Dikenalkan bentuk-bentuk non
primer, seperti: bintang, jantung hati, bulan sabit, dsb
· Anak mengikuti langkah
menggambar yang diperagakan pengajar
· Mengkombinasikan bentuk kompleks
dengan bentuk-bentuk lain, hingga menjadi gambar lain atau hingga menjadi gambar
bercerita
|
· Mengenal bentuk-bentuk selain
bentuk-bentuk dasar
· Mampu mengkombinasikan
bentuk-bentuk hingga membentuk objek
|
·
Melatih kemampuan
motorik
·
Mengembangkan
kreatifitas
·
Mengembangkan
imajinasi
|
Menggambar dan
mewarnai bebas
|
Anak diminta dan
diajak untuk menggambar/melukis sesuatu (dengan tema/sesuai keinginan anak)
Catatan: sebelum menggambar anak dapat
diberi referensi cerita atau film dan diberi waktu untuk menceritakan
kembali
|
· Mampu mengaplikasikan dan
mengekplorasi pengetahuan yang dimiliki
· Dapat berekspresi bebas
tentang "apa" yang dimiliki sesuai keinginan dan kemampuan
|
·
Melatih kemampuan
motorik
·
Mengembangkan
kreatifitas
·
Mengembangkan
imajinasi
|
1 comment:
Casinomenal Casino Site | Lucky Club
Casinomenal Casino Site · 1.1 - 20 · 2.2.4 - 100 · 3.6.1 - 10 · 4.7.5 - 10 · 5.6.6 - 10 · 6.7.7 - 10 · luckyclub.live 7.8.7 - 10.8.7 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8
Post a Comment