Monday, 29 February 2016

Program Pengenalan Menggambar

Berikut ini adalah tabel yang saya buat ketika menyusun silabus sederhana untuk program pengenalan menggambar di sebuah sekolah khusus. Yang tentunya masih ada kekurangan dibeberapa hal, namun sejauh yang saya alami dan kerjakan memang silabus ataupun kurikulum bukanlah segalanya, karena akan kembali kepada para pendidik yang menjalankan dan mengaplikasikan segala 'kitab' panduan itu. Ada yang bilang bahwa "guru hanya menang tahu terlebih dahulu", tapi apa itu benar?, bagaimana pendapat anda?



Materi
Tehnik Penyampaian
Target
Tujuan
Mengenal bentuk-bentuk dasar dan aplikasi (terapan dasar)
·     Diperagakan/diberi contoh cara & langkah menggambar segitiga, segiempat dan lingkaran, dengan anak yang mengikuti (menggambar)
·     Diperagakan/diberi contoh cara mengaplikasikan bentuk-bentuk dasar ke bentuk objek-objek keseharian (contoh: rumah, mobil, ayam, dsb), dengan anak yang ikut menggambar
·   Mengenal bentuk-bentuk dasar dan langkah-langkah/cara menggambar
·   Dapat mengingat, membedakan segitiga, segiempat & lingkaran
·   Mampu menggambar objek keseharian dengan pendekatan bentuk-bentuk dasar
·   Mengenalkan konsep bentuk
·   Melatih kemampuan motorik
Mengenal warna
Dikenalkan warna-warna dan penamaannya, dari warna-warna primer dan sekunder, dengan:
·       Mewarnai gambar
·       Mencampur cat (permainan)
·   Mengenal warna dari rangsangan visual
·   Mampu mengingat, membedakan (mengidentifikasi) warna berikut penamaannya
·   Dapat mengaplikasikan warna ke objek gambar sebagai bidang warna
·   Mengenal kombinasi warna, dari warna primer ke warna sekunder
·    Melatih kemampuan motorik
·    Mengembangkan kreatifitas
Menghubungkan titik
Anak diminta untuk menghubungkan titik-titik yang telah disediakan (di kertas/ whiteboard). Titik yang telah terhubung akan membentuk objek yang sebelumnya telah ditemakan atau dijelaskan melalui cerita
·   Dapat menggaris dengan baik
·   Mengenal kerangka bentuk dan bidang
·    Melatih kemampuan motorik
·    Melatih konsentrasi
Menggambar bentuk kompleks
·  Dikenalkan bentuk-bentuk non primer, seperti: bintang, jantung hati, bulan sabit, dsb
·  Anak mengikuti langkah menggambar yang diperagakan pengajar
·  Mengkombinasikan bentuk kompleks dengan bentuk-bentuk lain, hingga menjadi gambar lain atau hingga menjadi gambar bercerita
·   Mengenal bentuk-bentuk selain bentuk-bentuk dasar
·   Mampu mengkombinasikan bentuk-bentuk hingga membentuk objek
·    Melatih kemampuan motorik
·    Mengembangkan kreatifitas
·    Mengembangkan imajinasi
Menggambar dan mewarnai bebas
Anak diminta dan diajak untuk menggambar/melukis sesuatu (dengan tema/sesuai keinginan anak)
Catatan: sebelum menggambar anak dapat diberi referensi cerita atau film dan diberi waktu untuk menceritakan kembali
·  Mampu mengaplikasikan dan mengekplorasi pengetahuan yang dimiliki
·  Dapat berekspresi bebas tentang "apa" yang dimiliki sesuai keinginan dan kemampuan
·    Melatih kemampuan motorik
·    Mengembangkan kreatifitas
·    Mengembangkan imajinasi


1 comment:

Anonymous said...

Casinomenal Casino Site | Lucky Club
Casinomenal Casino Site · 1.1 - 20 · 2.2.4 - 100 · 3.6.1 - 10 · 4.7.5 - 10 · 5.6.6 - 10 · 6.7.7 - 10 · luckyclub.live 7.8.7 - 10.8.7 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8 - 10.8